Peringati Hari Pramuka ke-60, Kwarcab Tangsel Lakukan Apel Sederhana

Peringati Hari Pramuka ke-60, Kwarcab Tangsel Lakukan Apel Sederhana

detakbanten.com, TANGSEL - Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kota Tangerang Selatan hari ini melakukan peringatan hari Pramuka ke-60 yang jatuh pada 14 Agustus lalu dan HUT RI ke-76.

Peringatan dilaksanakan dengan apel sederhana di Taman Makam Pahlawan Seribu, Serpong, Tangerang Selatan dengan dipimpin langsung Wakil Ketua Pembinaan Dewasa Kwarcab Tangsel, Sapta Mulyana.

"Pada pagi hari ini kami gerakan Pramuka Kwarcab Kota Tangerang Selatan melaksanakan peringatan hari Pramuka yang sekaligus memperingati Kemerdekaan RI yang ke-76, kalau Pramuka peringatan yang ke-60," kata Sapta saat ditemui detakbanten.com di lokasi, Sabtu (21/8/2021).

Apel tersebut diikuti oleh tiga Satuan Karya (Saka) yang ada di Kwarcab Tangsel dengan jumlah 30 orang.

"Apel hari ini diikuti oleh tiga Saka, Satuan Karya dari Saka Anti Narkoba, Saka Kalpataru dan Saka Bhakti Husada. Dari tiga Saka ini diwalili saja oleh anggotanya sebagian karena dengan batasan dimasa Pandemi Covid-19," ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, dirinya mengungkapkan berpesan pada anggota Pramuka yang hadir bahwa menjadi anggota Pramuka tidak ada paksaan dan dirinya kembali menyemangati mereka terkait jiwa Nasionalisme dalam memaknai kemerdekaan.

"Dari kegiatan ini, saya tinggalkan pesan pada mereka Pramuka adalah panggilan Negara. Pramuka bukan paksaan, Pramuka hari demi hari semakin dewasa dan memahami makna Pramuka, mau berkarya serta diterapkan di masyarakat," tuturnya.

"Hari ini saya semangati lagi adik-adik bisa menjiwai makna kemerdekaan itu dan juga dalam memperingati hari Pramuka ini bahwa semakin memahami kalau Pramuka itu dibutuhkan dan bisa berbuat banyak untuk bangsa dan negara ini," tambahnya.

Menurutnya juga, Pramuka menjadi bekal penguatan mental berkehidupan kebangsaan dan bernegara bagi anggotanya.

"Pada Pramuka ini juga menjadi bekal bagi mereka untuk masa depan seperti penguatan mental berbangsa dan bernegara." tandasnya. (Raf)

 

 

Go to top