Tenang Bae Dah, Insya Allah Habis Lebaran Sampah di Cipeucang Jadi Dikirim ke Serang

Tumpukan sampah di TPST Cipeucang, Serpong. Tumpukan sampah di TPST Cipeucang, Serpong.

detakbanten.com, TANGSEL-Kerja sama pengiriman sampah antara Pemkot Tangsel dengan Pemkot Serang, dipastikan akan terus berlanjut. Hal tersebut menyusul setelah sebelumnya Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangsel melakukan Sidak ke lokasi yang akan dijadikan tempat pembuangan terakhir bagi sampah asal Tangsel ke TPA Cilowong, Kota Serang.

Kepala DLH Kota Tangsel Wahyunoto Lukman mengatakan, ada beberapa warga sekitaran TPA Cilowong yang keberatan dan menolak kiriman sampah dari Tangsel dengan dalih volume sampah dari Tangsel terlalu banyak dibandingkan dengan sampah yang dihasilkan masyarakat Kota Serang.

"Kita sudah lihat kondisi langsung disekitar TPA Cilowong di Kota Serang, memang ada beberapa warga yang keberatan. Itu langsung kita konsolidasikan, kita rangkul untuk diberikan pengertian," kata Wahyu di Serpong, Rabu (20/4/2022).

Menurutnya, dari konsolidasi tersebut, DLH akan memberikan kompensasi bagi warga yang terdampak dengan adanya proses kerja sama pengiriman sampah tersebut ke TPA Cilowong. "Kita juga ada kompensasi dampak negatif bagi warga yang terdampak," ungkap Wahyu.

Begitupun soal jasa transportasi angkutan sampah ke TPA Cilowong, Wahyu menyatakan bahwa saat ini proses lelangnya sudah selesai dilaksanakan. Hanya saja, untuk proses pengangkutan sampah asal Tangsel itu belum dilaksanakan karena masih menunggu kesiapan TPA Cilowong.

"Proses lelang sudah selesai, cuma memang belum melaksanakan kegiatan karena menunggu kesiapan mereka disana (TPA Cilowong-red)," ungkapnya.

Wahyu jelaskan, nilai anggaran untuk jasa pengangkut sampah asal Tangsel mencapai 38 miliar. Pembayaran untuk jasa pengangkut sampah tersebut dilakukan per termin.

"Insya Allah, akhir lebaran ini kita sudah bisa mulai pengiriman sampah. Mudah-mudahan ngak ada lagi warga yang ribut, yang rame," pungkasnya. (Dra)

 

 

Go to top