Viral Pesan Mobilisasi ASN, Bawaslu Tangsel Panggil Lurah Jurang Mangu Timur

Viral Pesan Mobilisasi ASN, Bawaslu Tangsel Panggil Lurah Jurang Mangu Timur

Detakbanten.com Tangsel - Viralnya screenshot pesan mobilisasi ASN di media sosial jelang Pilkada 2020 akhirnya berbuntut panjang. Selain menjadi perbincangan di dunia maya, perangkat Kelurahan Jurang Mangu Timur pun dipanggil Bawaslu Tangsel.

Lurah Jurang Mangu Timur, Kamalludin mengakui bahwa memang benar adanya grup tersebut. dikatakan bahwa grup tersebut berisikan beberapa staf kelurahan. Sementara tidak diketahui darimana pesan tersebut diteruskan oleh Sekretaris Lurah.

Dia juga menyampaikan bahwa grup tersebut sudah ada sejak dirinya diputuskan menjabat sebagai Lurah Jurang Mangu Timur. ”Saya menjabat sejak enam bulan yang lalu,” kata Kamalludin ketika dimintai keterangan.

Sementara dalam keterangannya juga. Mengenai rapat yang disinggung dalam pesan yang tersebar itu, Kamalludin mengakui bahwa tidak ada rapat apapun. Karena itu dia heran, kenapa pesan yang berbeda tersebut menyinggung soal rapat.

Sebagai atasannya langsung, Kamalludin mengakui dari sejak berita ini heboh, dia belum bertemu dengan sekertaris lurahnya. ”Belum bertemu, dari berita ini keluar sampai sekarang,” kata dia.

Kamalludin merinci bahwa dalam grup tersebut ada 21 anggota termasuk dirinya sendiri. Sementara Sekretaris Lurah dan beberapa staf bertugas menjadi admin.

Bawaslu juga mengundang Sekretaris Lurah Jurang Mangu Timur, Sidik dalam rangka melakukan klarifikasi terhadap berita tersebut. Sayangnya, tidak dapat memenuhi undangan tersebut. sehingga Bawaslu melakukan penelusuran terhadap asal muasal chat langsung ke Kantor Kelurahan Jurang Mangu Timur pada hari yang sama dengan pemanggilan Lurah Jurang Mangu Timur pukul 15.00.

Dalam penelusuran itu bawaslu menemui beberapa staf yang juga masuk ke dala grup yang sama. Sehingga diperoleh informasi bahwa pesan tersebut dikirim oleh Sekretaris Lurah yang sebagaimana diberitakan. ”Penerusan chat WA betul diteruskan oleh sekel (Sekretaris Lurah),” kata dia.

Sementara, Ketua Bawaslu Kota Tangsel Muhamad Acep menjelaskan bahwa pada saat melakukan penelusuran langsung, seluruh staf yang masuk ke dalam grup itu sudah menghapus atua meng-endchat pesan tersebut. Namun, ada salah satu orang yang masih menyimpan pesan tersebut.

Yang menjadi persoalan adalah, belum diketahui darimana asal chat tersebut. sehingga perlu dilakukan pemanggilan terhadap Sekretaris Lurah tersebut. ”Jadi kami akan melakukan pemanggilan lagi, asal chat itu dari mana,” kata dia.

 

 

Go to top