Rahayu Saraswati Terkesan dengan Upaya Jokowi Mendamaikan Rusia-Ukraina

Aktivis dan politikus, Rahayu Saraswati. (DETAKBANTEN/Aip Kurniawan) Aktivis dan politikus, Rahayu Saraswati. (DETAKBANTEN/Aip Kurniawan)

Detakbanten.com JAKARTA - - Aktivis dan politikus Rahayu Saraswati beri pujian atas upaya Presiden Joko Widodo untuk berkunjung ke Ukraina dan Rusia di tengah konflik dua negara tersebut.

Kunjungan presiden Joko Widodo ke Ukraina dan Rusia merupakan sebuah misi perdamaian Untuk menghentikan peperangan kedua negara tersebut.

Rahayu sangat terkesan dengan keputusan presiden Jokowi menurut Rahayu konflik antar dua negara tersebut merupakan konflik yang berkaitan erat dengan hubungan antar negara-negara besar yang menimbulkan efek terhadap berbagai sektor seperti energi dan pangan yang juga dirasakan oleh Indonesia.

"Mungkin ini pertama kalinya di feed IG saya muncul sebuah postingan tentang Presiden Joko Widodo. Namun, jujur, kali ini kata 'impressed' muncul ke depan," kata Rahayu melalui unggahan Instagramnya Kamis (30/6/2022).

"Ya, saya pun sangat terkesan dengan keputusan yang diambil beliau untuk ke Ukraina di tengah konflik yang sedang terjadi. Dan ini bukan sekedar konflik antar dua negara. Konflik ini berkaitan erat dengan hubungan antara negara2 besar dan kuat yang akhirnya menimbulkan goncangan global di berbagai sektor seperti energi dan pangan. Efeknya pun terasa di Indonesia, di ujung Asia Tenggara," lanjutnya.

Wanita yang pernah mencalonkan sebagai wakil walikota Tangerang Selatan itu mengatakan terlepas dari posisi yang sulit karena tekanan yang pasti tidak kecil dari berbagai sisi, Indonesia melalui Presiden Joko Widodo mencoba untuk tetap hadir sebagai suara perdamaian.

Ia juga mengutip Preambule UUD 1945 yang menyatakan, Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan.

"Maka sudah pantaslah dalam hal ini kita menyampaikan salut dan sikap hormat setegak-tegaknya kepada Bapak Presiden. Kiranya upaya perdamaian yang dijalankan dapat terlaksana dengan baik dan lancar," pungkasnya. (Aip)

 

 

Go to top