Mahasiswa Unpam Gelar Kegiatan Menambah Kreatifitas Anak dengan Media Botol Bekas

Mahasiswa Unpam Gelar Kegiatan Menambah Kreatifitas Anak dengan Media Botol Bekas

Detakbanten.com, Tangsel – Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Prodi Akuntansi melaksanakan kegiatan Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat (PMKM) yang bekerja sama dengan Komunitas Taman Bacaan Masyarakat (TBM) dengan sasaran utama adalah anak-anak setempat. Ciputat, Minggu (21/11).

Tema yang diangkat pada kegiatan PMKM ini adalah “Kreativitas menggunakan Botol Bekas”. Hal ini berawal dari keresahan komunitas TBM terhadap lingkungan sekitar yang tak lepas dari sampah, khususnya botol. Barang bekas ini dapat di daur ulang menjadi kerajinan tangan yang memiliki nilai guna, dan tidak menutup kemungkinan juga bisa menjadi nilai jual.

Kegiatan diawali dengan pembukaan dan berlanjut memberikan pelatihan kepada anak-anak menggunakan botol bekas sebagai bahan utamanya. Dalam setiap kelompok terdiri dari 4 sampai 5 orang, tidak lupa team PMKM mengingatkan untuk tetap mematuhi protocol kesehatan.

Menambah Kreatifitas Anak Dengan Media Botol Bekas 3

Bahan yang digunakan :
1. Botol,
2. Benang wol,
3. Kain flannel
4. Daun hias palsu

Cara pembuatan :
1. Lilitkan benang wol pada botol bekas yang sudah dicuci bersih dan direkatkan dengan menggunakan lem dari ujung ke ujung
2. Kemudian membuat hiasannya seperti membuat mata dari kain flannel, kancing, dan daun palsu.

Menambah Kreatifitas Anak Dengan Media Botol Bekas 2

“Melalui kegiatan ini diharapkan adik-adik disini mampu mengeluarkan sisi kreatif dengan memanfaatkan hal-hal yang ada disekitarnya dan menumbuhkan rasa percaya diri sejak dini juga bisa jadi pengisi waktu luang sekolah yang diliburkan akibat pandemi,” kata Hanif Amarulloh salah satu mahasiswa.

Konsep yang digunakan selama kegiatan adalah bermain sambil belajar sehingga suasana menjadi cair dan penuh tawa. Dengan diselingi kuis dan games mampu menciptakan situasi yang menyenangkan dan mengurangi rasa bosan selama kegiatan berlangsung.

Penulis : Hanif Amarulloh, Aldi Renaldi, Dewi Saadatul Mugfaroh dan Safitri Dwi Lestari
Dosen Pendamping : Rusdi, S.P., M.Si.
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Prodi Akuntansi Program Sarjana Universitas Pamulang

 

 

Go to top