Memanfaatkan Botol Bekas sebagai Media Tanam

Memanfaatkan Botol Bekas sebagai Media Tanam

Detakbanten.com, Depok – Bercocok tanam menjadi pilihan masyarakat saat ini untuk mengisi waktu luang, salah satunya dengan tanaman hidroponik. Hanya dengan perantara air dan lahan yang tidak terlalu luas, cara menanam hidroponik dengan botol bekas pastinya membuat bertanam semakin mudah.

Media tanam menggunakan botol minum bekas yang merupakan inovasi dari sistem akuaponik termasuk ruang lingkup dari hidroponik. Pemanfaatan botol minum bekas ini, bisa menghemat penggunaan plastik dengan mendaur ulang menjadi wadah bertanam hidroponik.

Hidroponik 1

Dalam program Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyatakat (PMKM) tahun ini Yayasan Al-Kamilah, Jl. Serua Raya No.3 Kec Bojongsari, Kota Depok menjadi tempat pelaksanaan kegiatan. Team mahasiswa berkesempatan untuk memberikan pelatihan cara menanam dengan menggunakan botol bekas bersama anak panti yang hadir terdiri dari 50 orang dan Ust Badruddin, S.Ag., M.M. selaku ketua di Yayasan Al- Kamilah. Minggu (05/12).

Bahan yang di butuhkan :
1. Botol minum bekas
2. Tanah
3. Pupuk kompos
4. Kain bekas
5. Air
6. Berbagai macam bibit tanaman

Cara penanaman :
1. Siapkan bahan dan alat.
2. Potong bagian atas botol bekas.
3. Beri lubang disekitar botol
4. Masukan air nutrisi kedalam botol
5. Masukan media tanam hidroonik dan biji tanaman
6. Ganti air bernutrisi secara rutin.

Hidroponik 2

Konsep tanaman hidroponik ini sangat sederhana dan tidak membutuhkan modal besar serta tidak memerlukan ruangan atau lahan yang luas. Penempatan tanaman juga tidak harus diletakkan di pencahayaan matahari langsung.

“Program ini untuk memberikan keterampilan berkebun kepada para anak-anak panti dan pengelola yayasan al-kamilah, sehingga dapat penyediaan secara mandiri kebutuhan pokok seperti berbagai macam sayuran dan tumbuhan lainnya.” Ungkap Joni selaku mahasiswa.

Penulis : Joni Iskandar, Gifari, Siti Sarofah dan Triwanti Manalu
Dosen Pembimbing : Bapak Satiman,SE, M. Si.
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Program Studi S1 Akuntansi Universitas Pamulang

 

 

Go to top