Meningkatkan Wawasan Serta Kreativitas Anak Melalui Belajar Sambil Bermain

Meningkatkan Wawasan Serta Kreativitas Anak Melalui Belajar Sambil Bermain

Detakbanten.com, Tangsel - Belajar dimulai dari sejak dini yang sudah diajarkan oleh orangtua dari mulai berbicara, berjalan, hingga bisa melaksanakannya sendiri.

Anak-anak biasanya belajar dari penglihatan yang mereka lihat dari orang tua maupun lingkungan sekitar. Dunia anak-anak adalah dunia bermain, untuk itu diperlukan adanya sedikit permainan dalam mengajarkan anak-anak.

Belajar Sambil Bermain 2

Melalui kegiatan Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat (PMKM), mahasiswa/i Prodi Akuntansi S1 Program Sarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pamulang tergerak untuk melakukan kegiatan sosialisasi belajar sambil bermain.

PMKM ini dilaksanakan secara langsung atau tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan di Asrama Cinta Yatim Dhuafa Al-Ikhwaniyah dengan diikuti 20 peserta anak-anak asrama, beserta para pengurus. Minggu (05/12)

Salah satu cara belajar sambil bermain adalah mengasah ingatan dengan bermain kata berantai, dimana team mahasiswa mengajarkan anak-anak dengan mengingat kata apa yang sudah kita sampaikan, dimana ini akan membuat anak-anak mudah mengingat sesuatu dalam hal-hal lain.

Cara Permainannya :
1. Satu kelompok berisi 10 orang anak,
2. mahasiswa PMKM memberikan satu kalimat kepada anak yang berdiri paling depan.
3. Setelah menghafal lalu langsung membisikan kepada teman satu kelompoknya dan seterusnya.
4. Anak yang paling belakang maju ke depan untuk mebuktikan kata apa yang sudah disampaikan dari teman-temannya.

Acara berjalan dengan lancar dan penuh kegembiraan, anak-anak asrama juga sangat antusias mengikuti dari awal hingga akhir.

Belajar Sambil Bermain 3

Diakhir kegiatan kami melakukan tanya jawab dan sesi foto bersama sebagai kenang-kenangan.

“Kami tidak hanya belajar tetapi sambil bermain yang membuat mereka happy karena tidak terlalu monoton seperti yang dilakukan sebelumnya, kalau belajar ya hanya sekedar belajar saja jadi itu membuat mereka bosen/jenuh.” Ungkap Febriana selaku mahasiswa PMKM.

Penulis : Febrina Kemala, Lusiana Alvyonita, Rahayu Chorunnisa, Rekyan Dewi Fortuna
Dosen Pembimbing : Bapak Rananda Septanta, S.E.I., M.Ak
Prodi Akuntansi S1 Program Sarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pamulang

 

 

Go to top