Tak Ingin Ketinggalan, Apple Uji Coba Panel Lipat untuk iPhone

ilustrasi. (net) ilustrasi. (net)

Detakbanten.com TEKNET -- Perusahaan teknologi, Apple rupanya tak ingin ketinggalan untuk memproduksi smarphone layar lipat yang dikembangkan produsen lain. iPhone dan iPad dikabrakan tengah dikembangkan layar OLED lipat baru.

Sebuah terobosan besar dilakukan dengan kurangnya lapisan polarisasi di bagian panel yang kini digunakan di beberapa layar lipat terdahulu.

Teknologi tanpa adanya polarisasi juga sama digunakan oleh Samsung pada Galaxy Z Fold3. Apple kini tengah pertimbangkan pendekatan serupa untuk ponsel lipatnya.

Polarizer juga digunakan guna memungkinkan hanya cahaya dalam arah tertentu yang dapat melewatinya, dengan begitu meningkatkan visibilitas tampilan.

Penghapusan lapisan polarisasi juga menjadikan tampilan lipat yang lebih tipis, akan tetapi akibatnya akan mengorbankan visibilitas dan kecerahan puncak.

Akibatnya pembuat terpaksa meningkatkan konsumsi daya pada layar guna meningkatkan kecerahan. Selain itu akan berdampak negatif pada usia panel lipat, ini akan menjadi menarik melihat bagaimana Apple menangani masalah ini.

Dilansir Tempo, Samsung Display adalah yang pertama memasok panel OLED tanpa polarisasi dan memasoknya ke perusahaan induk Samsung Electronics untuk Galaxy Z Fold3.

Sampai saat ini belum ada kabar kapan iPhone dan iPad lipat akan diproduksi. Menurut pakar Apple terkenal Ming-Chi Kuo, ponsel lipat Apple masih bertahun-tahun lagi dan tidak mengharapkannya sebelum 2025. (Aip)

 

 

Go to top