12 Calon Kades di Sukamulya Deklarasikan Pilkades Aman dan Damai

12 Calon Kades di Sukamulya Deklarasikan Pilkades Aman dan Damai

detakbanten.com SUKAMULYA -- Jelang Pilkades serentak yang akan digelar pada 4 Juli 2021 mendatang , puluhan calon di tiga Desa di Kecamatan Sukamulya mendeklarasikan Pilkades damai didepan forum koordinasi pimpinan kecamatan (forkopircam) Kecamatan Sukamuly, yang didalamnya terdiri dari unsur Camat, Danramil dan Kapolsek Balaraja.

Camat Sukamulya Yati Nuruhayati mengatakan, para calon kepala desa di tiga desa yakni Desa Kubang, Desa Buniayu , dan Desa.Bunar, berkomitmen untuk menjaga pelaksanaan Pilkades agar berjalan dengan aman dan damai.

" Alhamdulillah deklarasi tiga calon kepala desa dihadiri oleh unsur TNI dan Kepolisian dan semuanya sepakat untuk menjaga Pilkades berjalan dengan damai"terang Camat Sukamulya Yati Nuruhayati, Senin (7/06/2021).

Yati mengatakan, menjaga keamanan dan ketertiban bukan hanya tanggung jawab kepolisian saja, namun tanggung jawab seluruh elemen masyarakat di seluruh desa yang melakukan Pilkades, kepolisian tentunya akan melakukan pengamanan dibantu oleh aparat TNI, ke seluruh TPS dan diharapkan dengan dilaksanakannya deklarasi ini, para calon akan meredam dan mengingatkan kepada pendukungnya untuk tidak berbuat onar yang akan merugikan diri sendiri serta orang lain.

" Kami juga menghimbau kepada panitia Desa dan Kecamatan untuk bekerja secara profesional, netral dan tidak berpihak kesalah satu calon. Berbeda pilihan dalam Pilkades merupakan demokrasi yang harus dijunjung tinggi, kami berharap kepada semua Calon dan pendukungnya untuk tidak terpancing apabila da provokasi dari pihak yang tidak bertanggung jawab" terangnya.

Sementara Kapolsek Balaraja Kompol  Adi Sasmita mengatakan, di wilayah hukum Polsek Balaraja ada dua kecamatan yang melaksanakan Pilkades yakni kecamatan Balaraja, dan Kecamatan Sukamulya, jumlah keseluruhannya ada lima desa, menurutnya jajaran Kepolisian sektor Balaraja, akan mengamankan Pilkades serentak ini agar berjalan dengan aman dan lancar, pihaknya tidak akan segan-segan menindak, jika ada pihak-pihak yang ingin mengacaukan Pilkades serentak ini.

Namun dirinya tetap mengedepankan pendekatan humanis kepada masyarakat dengan melakukan sosialisasi kepada masyarakat, karena menjaga keamanan dan ketertiban bukan hanya tanggung jawab kepolisian semata, tentunya tanggung jawab semuanya.

" Kita berharap agar pelaksanaan Pilkades serentak ini bisa berjalan dengan aman dan damai, dan menghasilkan pemimpin yang amanah dan membawa desanya menjadi maju" terang Kapolsek Balaraja.

Apabila para calon menemukan pelanggaran - pelanggaran terkait pilkades sambung Kapolsek, dirinya berharap agar segera melapor ke panwas sesuai dengan mekanismenya jangan malah memprovokasi massa atau simpatisannya.

" Dan jika ada keluhan masukan dan laporan, kami berharap kepada Panwas mohon segera menindak lanjuti sesuai dengan mekanisme dan aturan yg sudah ditetapkan" tandasnya.

 

 

Go to top