Anak Buah AHY di Tangsel Jadi Manajer Sepakbola Putri, Bidik Seleknas Piala AFF U-15

Tim sepakbola Putri Tangsel United saat mengikuti pemusatan latihan di lapangan sepakbola Cilenggang, Serpong. Tim sepakbola Putri Tangsel United saat mengikuti pemusatan latihan di lapangan sepakbola Cilenggang, Serpong.

detakbanten.com, TANGSEL - Anggota Komisi lV DPRD Kota Tangsel dari Fraksi Demokrat, Julham Firdaus, kembali kepincut melakoni dunia sepakbola hingga getol turun ke lapangan hijau. Namun, turunnya Julham ke lapangan hijau, bukan untuk membobol gawang lawan ketika di era nya dia dulu. Julham kini menjadi pemilik sekaligus manajer klub sepakbola Putri Tangsel United.

Diketahui, tim kesebelasan sepakbola Putri Tangsel United akan berlaga di kejuaraan nasional Badan Liga Sepakbola Pelajar Indonesia (BLiSPI) di Solo, Jawa Tengah. Kesebelasan Putri Tangsel United, menjadi tim sepakbola wanita Kota Tangsel yang mewakili Banten di turnamen tersebut.

Kesiapan tim Putri Tangsel United untuk kejuaraan nasional itu, dilakukan sejak dua bulan lalu. Para pesepakbola putri kelahiran 2007 yang kini berusia 15 tahun itu, mengikuti pemusatan latihan di lapangan sepakbola Cilenggang di Serpong dan stadion mini Pondok Aren di Kelurahan Perigi Lama. Ketahanan fisik dan skill olah si kulit bundar, jadi porsi wajib bagi pesepakbola Putri Tangsel United.

"Semua persiapan dan kebutuhan pemain serta pendukung lainnya, Alhamdulillah sudah 98 persen. Untuk kejuaraan BLiPSI di Solo, semua biaya mandiri, dari unsur manajemen dan donatur rekanan aja," kata Julham di Serpong, Rabu (26/1/2022).

Dia bilang, target semua tim yang melakoni kejuaraan nasional BLiPSI tersebut tentunya untuk meraih kemenangan dan juara. Lebih dari itu, Julham mengaku memiliki program jangka panjang terhadap perkembangan sepakbola wanita di Tangsel. Sebab, ia melihat sepakbola wanita di Indonesia, terutama di Kota Tangsel hampir setara dengan permainan sepakbola yang di peragakan para pria.

"Sepakbola wanita saat ini hampir setara dengan sepakbola pria, di ajang nasional maupun internasional. Di Tangsel saat ini banyak bibit-bibit pesepakbola wanita, tentu ini jadi aset bagi kemajuan sepakbola Tangsel," ungkapnya.

Pelatih tim sepakbola Putri Tangsel United Leonardo mengatakan, ada 14 pemain yang mengikuti kejuaraan nasional BLiPSI di Solo ini, atas rekomendasi dari para pelatih Sekolah Sepak Bola (SSB) putri yang ada di Kota Tangsel, dan merupakan produk kompetisi dari Asosiasi Kota (Askot) Tangsel untuk persiapan kejuaraan Piala Pertiwi yang diadakan di Banten, Maret 2022 mendatang.

"Kejuaraan nasional BLiPSI ini pesertanya ada 33 provinsi se Indonesia, tapi panitia membatasi jadi 16 tim. Dari kita hanya Putri Tangsel United saja yang mewakili Banten," ujar Leo.

Leo sebutkan, talenta-talenta yang ada pada pemain Putri Tangsel United, diakuinya cukup baik. Keikutsertaan tim putri Tangsel ini juga menjadi ajang pembentukan tim nasional pelajar U-15. Karena, Leo melanjutkan, sesuai agenda PSSI pada tahun 2022 ini akan ada piala AFF pelajar yang di gelar di Indonesia.

"Jadi target kita dalam kejuaraan nasional BLiPSI ini, yakni untuk seleksi nasional (Seleknas) piala AFF pelajar pertengahan tahun ini. Makanya ini kesempatan bagi pemain putri Tangsel," pungkasnya. (Dra)

 

 

Go to top