Angka Stunting di Tangsel Sentuh 19,9%

Kepala Dinas Kesehatan Tangsel, Allin Hendalin Mahdaniar Kepala Dinas Kesehatan Tangsel, Allin Hendalin Mahdaniar

detakbanten.com, TANGSEL - Angka stunting (gagal tumbuh anak) di Kota Tangerang Selatan alami peningkatan saat ini sebesar 3,9%.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan, Allin Hendalin Mahdaniar mengatakan angka stunting di Tangsel saat ini mencapai 19,9% yang sebelumnya 16%.

"Pokoknya angka stunting kita sekarang di Tangsel sembilan belas koma sembilan dari enam belas persen," katanya kepada Wartawan detakbanten.com, ditulis (11/6/22).

Dirinya menambahkan, hasil survey tersebut didapat melalui pusat yaitu Data Survey Status Gizi Balita Indonesia (SSGBI).

"Itu berdasarkan survey, hasil survey yang dilaksanakan oleh pusat namanya survey status gizi gitu kan dengan mereka mengambil sampel dan didapatkan lah bahwa ya tadi, kita ada kenaikan dari relevansi stunting tersebut," ungkapnya.

Menurutnya, ada beberapa faktor yang menyebabkan adanya kenaikan stunting di Tangsel saat ini yang cukup besar tersebut.

"Faktornya sih stunting ini kan proses kronis ya, proses kronis jadi penyebabnya. Akibat kekurangan jasmani dan protein," tuturnya.

Lantaran hal tersebut, Dinkes Tangsel menggencarkan kegiatan konvergensi stunting guna mengatasi stunting ini.

"Jadi selain memang menjaga tersebut, ada juga yang disebut dengan pola asuh. Oleh karena itu kita sekarang dalam kegiatan konvergensi stunting ini adalah bagaimana kegiatan-kegiatan seluruh stakeholder bisa berkolaborasi, dengan itu bisa mengataskan stunting ini," terangnya.

"Jadi kan nanti ada yang namanya intervensi spesifik, ada yang namanya intervensi sensitif. Nah untuk intervensi spesifik itu memang lebih banyak di kesehatan, tapi untuk intervensi yang sensitif itu terkait dengan stackholder yang lain termasuk opd-opd yang lain di dalamnya. Bagaimana misalnya sanitasinya harus diperbaiki berarti itu dinas terkait, bagaimana misalnya kbnya, bagaimana para calon pengantin yang akan menikah itu kan ada di opd terkait juga." tandasnya. (Raf/Syl)

Go to top