Bentar Lagi Perayaan Imlek, Vihara Kwan In Thang di Pamulang Lakukan Tradisi Cuci Rupang

Bentar Lagi Perayaan Imlek, Vihara Kwan In Thang di Pamulang Lakukan Tradisi Cuci Rupang

detakbanten.com, TANGSEL-Vihara Kwan In Thang, Pondok Cabe, Pamulang, melakukan tradisi mencuci Rupang (Patung Dewa, red) untuk menyambut Imlek. Tradisi kali ini dilakukan berbeda dari tahun sebelumnya.

Pantauan wartawan, tradisi cuci Rupang yang dilakukan di Vihara Kwan In Thang menjadi dua tempat. hal itu dilakukan lantaran Imlek tahun ini masih dalam masa pandemi Corona Virusdisease atau Covid.

Pengurus Vihara, Awan Setiawan mengatakan, dalam mencuci Rupang jelang Imlek biasanya 50 orang ikut terlibat. Namun kali ini, pihaknya harus membatasi dengan hanya melibatkan 30 orang saja.

"Sebelum mulai pun, kita lakukan rapid tes anti gen dulu. Kalau tahun lalu kita cuci ramai-ramai di belakang vihara, kalau sekarang masa pandemi begini agar tidak terjadi kerumunan, tempat cucinya kita bagi jadi beberapa tempat," terang Awan Setiawan ditemui wartawan di Vihara Kwan In Thang, Pamulang, Sabtu (6/2/2021).

Awan menjelaskan, pencucian Rupang tersebut dilakukan sejak pagi hari untuk menyambut Imlek yang akan jatuh pada hari Jumat, 12 Februari pekan depan. Awan juga bilang, sebelum melakukan pencucian Rupang, para pengurus terlebih dulu memanjatkan doa.

"Ya semoga pandemi ini cepat selesai, kita hidup normal seperti biasa lagi, kalau seperti ini kan kita harus jaga jarak terus. Nanti saat malam Imlek kita tetap ada ibadah tapi jumlah jamaahnya dibatasi," sebut Awan.

Kendati begitu, Awan kemukakan bahwa pihaknya terlebih dahulu akan melakukan pengecekan suhu tubuh kepada semua jamaah sebelum melakukan persembahyangan. Bahkan, dalam menyambut Imlek tahun ini, Vihara Kwan In Thang tidak menampilkan pertunjukan barongsai.

Go to top