Operasional PCR di Labkesda Tangsel Sementara Waktu Dihentikan

Operasional PCR di Labkesda Tangsel Sementara Waktu Dihentikan

detakbanten.com, TANGSEL - Alat polymerase chain reaction (PCR) di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kota Tangsel untuk sementara waktu tidak dioperasikan. Pasalnya, alat test swab covid-19 itu tengah dalam pembersihan secara menyeluruh.

Soal tidak bisa dioperasikannya PCR di gedung Labkesda Kota Tangsel tersebut, tertuang dalam surat edaran (SE) bernomor 800/008/Labkesda/2021 tentang pemberitahuan dan berlaku sejak 20 Januari 2021 hingga jangka waktu yang tidak ditentukan.

Dikonfirmasi terkait surat edaran itu, Kepala UPT Labkesda Tangsel Riki Hermawan mengatakan, pihaknya meminta kepada semua masyarakat untuk memaklumi bahwa sementara waktu alat PCR tidak dioperasionalkan lantaran dalam masa perawatan.

Riki jelaskan, perawatan PCR secara menyeluruh dilakukan guna menjaga keselamatan petugas dan sample-sample yang telah dilakukan di Labkesda Kota Tangsel.

"Terkait PCR Labkesda Tangsel, kami sedang melakukan pembersihan secara menyeluruh serta menjaga keselamatan petugas dan sample," kata Riki kepada detakbanten.com, Rabu (20/1/2021).

Menurutnya, pengecekan alat-alat dan kalibrasi rutin, menjaga kualitas pemeriksaan sampel, penting dilakukan.

"Untuk sampel sementara ini kami kirim ke BBTKL, mikro UI, Litbangkes dan Labkesda Provinsi," ujar dia.

Go to top