Peringati Hari Lahir Pancasila, Ananta Wahana: Jadikan Pancasila sebagai Pedoman Kehidupan Bermasyarakat di Indonesia

Peringati Hari Lahir Pancasila, Ananta Wahana: Jadikan Pancasila sebagai Pedoman Kehidupan Bermasyarakat di Indonesia

detakbanten.com,TANGERANG - Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Ananta Wahana menggelar upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Padepokan Kebangsaan Karang Tumaritis, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Selasa, (1/6/2021).

Upacara dihadiri hampir semua elemen masyarakat, mulai dari pelajar, mahasiswa, ibu-ibu kader PKK dan pengajian, Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Pokdar Kamtibmas) Relawan Sosial dari Reaksi Cepat Badan Darurat Kemanusiaan (RC Badak), serta kader PDI Perjuangan.

Dalam amanatnya, Ananta yang bertindak sebagai inspektur upacara mengajak seluruh peserta upacara yang hadir untuk menjadi duta dalam mensosialisasikan Pancasila kepada masyarakat.

"Pancasila adalah sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa Indonesia," ujarnya.

Ananta meminta kepada para peserta untuk selalu menjadikan Pancasila sebagai pedoman dalam menjalankan kehidupannya. 

“Karena Pancasila telah ditetapkan sebagai ideologi negara, berarti Pancasila harus dijadikan pedoman oleh masyarakat Indonesia dalam menjalankan kehidupannya. Nilai-nilai yang terkandung dalam kelima asas Pancasila menjadi landasan masyarakat dalam bersosialisasi, kehidupan beragama, hak asasi manusia, dan bekerja sama,” papar Anggota DPR RI dari Daerah Pemilihan (Dapil) Banten III ini.

Seusai upacara Ananta menjelaskan jika upacara peringatan Hari Lahir Pancasila ini sesuai dengan instruksi Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri yang memerintahkan seluruh DPD dan DPC PDI Perjuangan seluruh Indonesia, Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI dan badan atau sayap partai.

Bahkan menurut Ananta dalam rangka memperingati juga Bulan Bung Karno dirinya juga telah menggelar Kursus Pancasila serta acara bakti sosial berupa  pembagian sembako.

“Kami juga menggelar acara doa bersama untuk bangsa dengan melibatkan beberapa tokoh agama yang berasal dari berbagai agama yang ada di Indonesia,” tandasnya.

Vidya, sebagai pembawa bendera merah putih dalam Upacara memperingati hari lahir Pancasila mengatakan sangat senang dan antusias-nya baik.

"Seru, walau persiapan tidak terlalu matang tetapi tidak ada kendala teknis dalam berjalannya acara," ungkapnya.

"Upacara Hari Pancasila ini jadi buat pengingat kita tentang dasar negara kita, dan patut kita pertahankan dan aplikasikan." pungkasnya.

 

 

Go to top