Tak Puas Finish Diurutan 4, NasDem Bidik Posisi 2 Besar di Pemilu 2024

Elit Partai NasDem saat menggelar Rakerda di Lubana Sengkol, Kota Tangsel. Elit Partai NasDem saat menggelar Rakerda di Lubana Sengkol, Kota Tangsel.
detakbanten.com, TANGSEL - Pemilu 2019 lalu, Partai NasDem mampu meraih simpati masyarakat dengan perolehan suara sah sebanyak 12.661.792 atau 9,05 persen. Dengan perolehan suara sebanyak itu, NasDem pun berada diurutan empat besar partai politik peraih suara terbanyak.
 
Akan tetapi, meski bertengger diurutan empat besar pada Pemilu 2019 lalu, partai yang di komandoi Surya Paloh itu tak lantas merasa berpuas diri. Bahkan, NasDem mulai ancang-ancang agar pada Pemilu 2024 mendatang, NasDem harus berada di dua besar partai pemenang Pemilu.
Ketua Pemenangan Partai Nasdem Wilayah Jawa 1 DKI-Banten Effendi Choirie mengatakan, dengan raihan 59 kursi di DPR-RI, merupakan kerja keras Partai NasDem dalam berjuang untuk kemaslahatan masyarakat.
"NasDem dengan tekadnya untuk memperjuangkan gerakan restorasi Indonesia, maka Pemilu 2024 yang akan datang, NasDem harus meraih posisi minimal dua besar," kata Effendy Choirie usai mengikuti rapat kerja daerah (Rakerda) NasDem Kota Tangsel di Lubana Sengkol, Setu, Kamis (8/4/2021).
Pria yang biasa disapa Gus Choi itu menyebutkan, agar target dua besar pada Pemilu 2024 dapat di raih, DPP NasDem telah memerintahkan kepada semua DPW dan DPD agar segera melakukan Rakerda dan melakukan konsolidasi kepengurusan struktur partai.
"Selain itu juga, harus segera melakukan rekrutmen kader dan membuat program-program kerja sesuai dengan kepentingan rakyat. Karena ini perintah ketua umum melalui kongres dan rakorwil agar NasDem naik kelas, dari posisi empat jadi posisi kedua," ujarnya.
Sementara itu, Ketua DPW Partai NasDem Banten Edi Ariadi mengatakan, soal NasDem mamatok target dua besar pada Pemilu 2024 mendatang, langsung di instruksikan kepada semua DPD Partai NasDem di kota dan kabupaten yang ada di Banten untuk melaksanakan Rakerda.
"Nanti dari Rakerda ini, ada beberapa hal yang disampaikan narasumber tentang bagaimana merekrut kader, berikut potensi yang ada pada kader," ungkapnya.
Edi Ariadi jelaskan, saat ini di partai NasDem Banten, ada enam DPD yang sudah melaksanakan Rakerda. Hal itu, Edi bilang, merupakan hasil dari rapat kerja wilayah (Rakerwil). "Kami melakukan secara struktur, kami akan bergerak dan menginstruksikan bagaimana DPD, kemudian DPC menjalankan program e-KTA yang masuk ke DPD-DPD," terangnya.
Soal target NasDem pada Pemilu 2024 mendatang finish di posisi dua, juga ditanggapi serius oleh Ketua DPD NasDem Kota Tangsel, Moh Saleh Asnawi. Menurutnya, Rakerda yang diadakan oleh DPD NasDem Kota Tangsel hari ini, sebetulnya untuk menjalankan target-target partai. Baik yang ditargetkan oleh DPP maupun DPW Banten.
"Dengan Rekerda ini kita akan tentukan langkah-langkah apa yang akan kita lakukan. Hari ini tentu sudah ada langakh-langkah yang harus kita lakukan," terangnya.
Mantan petinggi DPRD Kota Tangsel itu pun sedikit membocorkan hasil Rakerda NasDem Tangsel yang berlangsung sehari itu. Salahsatunya yakni NasDem Tangsel akan melakukan konsolidasi dan menyamakan persepsi antar kader. Tak hanya itu, dari Rakerda ini NasDem Kota Tangsel akan mensinkronkan organisasi sayap-sayap partai NasDem Tangsel.

"Di DPD ini akan kita putuskan dalam waktu beberapa bulan kedepan ini, kita menerima pendaftaran Caleg untuk 2024. Tujuannya kita terima sekarang, supaya mereka (Caleg-red) bisa bekerja dalam rangka melaksanakan keputusan Rakerda yang akan kita putuskan nanti," pungkasnya. 

Go to top