Jokowi-Pemimpin Arab-Islam Sepakat Setop Konflik Perang Israel-Gaza

Presiden Jokowi tiba di KTT Luar Biasa OKI, Arab Saudi, Sabtu (11/11/2023). Presiden Jokowi tiba di KTT Luar Biasa OKI, Arab Saudi, Sabtu (11/11/2023).

Detakbanten.com, JAKARTA - Presiden Jokowi tiba di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Arab-Islam di Arab Saudi, Sabtu (11/11/2023), pukul 11.45 waktu setempat. Ia ingin menyatukan langkah dan kesepakatan menghentikan perang di Gaza.

Dikutip Setpres RI, disambut sejumlah pejabat, Jokowi memberi sejumlah pernyataan resmi di KTT itu. Tujuannya, menyuarakan dukungan bagi rakyat Palestina.

Arab Saudi jadi tuan rumah bagi para pemimpin 22 negara Arab. Mereka bertemu dalam sesi luar biasa Dewan Liga Arab. Untuk berkonsultasi, koordinasi, dan mendiskusikan cara-cara menghadapi eskalasi yang terus berlanjut di wilayah pendudukan Palestina.

Sejumlah kesepakatan diprediksi dihasilkan dalam KTT Arab-Islam. Antara lain tekanan politik pada pemerintah AS untuk mencapai gencatan senjata, serta untuk meringankan penderitaan rakyat Palestina. Sebab, tak ada agenda gencatan senjata dari Israel atau AS.

Konferensi juga akan menghasilkan deklarasi guna meningkatkan bantuan kemanusiaan dan akses medis ke korban luka perang di Gaza. Baik negara Arab dan Muslim bakal menolak rencana Israel memindahkan warga Gaza ke Mesir.

Sebetulnya, KTT Arab dan Islam adalah upaya negara Arab dan Islam guna membentuk kekuatan. Tujuannya agar suara mereka didengar komunitas internasional.

 

 

Go to top