Mahasiswa UNPAM Kenalkan Bank kepada Siswa Sekolah Dasar Ajari untuk Mulai Menabung di Celengan

Mahasiswa UNPAM Kenalkan Bank kepada Siswa Sekolah Dasar Ajari untuk Mulai Menabung di Celengan

Detakbanten.com - Depok, 24 Oktober 2021. P(M)KM atau Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat merupakan salah satu wadah berupa pelaksanaan pengamalan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni budaya pada masyarakat sebagai penyebaran Tri Dharma Perguruan Tinggi serta tanggung jawab yang luhur dalam usaha mengembangkan kemampuan masyarakat, sehingga dapat mempercepat laju pertumbuhan pembangunan nasional.

Melalui kegiatan P(M)KM kami mahasiswa/i Prodi S1 Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang yaitu Randika Hermando sebagai ketua kelompok beserta 3 rekan anggotanya yang terdiri dari Novia Silvianti Dewi, Nur Iklima Syarifah, dan Putri Khoirunnisa. Bersama dengan dosen pembimbing kami yaitu Ibu Putri Nurmala, S.E, M.Si. melakukan kegiatan sosialisasi mengenai pengenalan bank pada hari Minggu 24 Oktober 2021 di Kelurahan Kukusan, Kota Depok. Siswa/i sekolah dasar menjadi sasaran utama dalam sosialisasi kegiatan ini, karena pengenalan bank pada usia dini merupakan hal yang sangat penting. Tujuan pengenalan bank ini juga untuk membantu mengenalkan menabung kepada anak-anak. Anak-anak dibekali dasar-dasar perbankan dan menabung sejak usia dini.IMG 20211112 WA0017

Kegiatan ini dipandu oleh salah satu mahasiswi Unpam, Nur Iklima Syarifah agar dapat membangun suasana dan menarik perhatian siswa/i. Pengenalan bank ini dilakukan melalui media mewarnai agar siswa/i dapat tertarik dan antusias dengan materi-materi yang disampaikan. Seperti pengenalan gedung bank, fungsi, serta contoh-contoh bank apa saja yang ada di Indonesia. Selain itu siswa/i diajarkan cara menabung menggunakan celengan. Karena celengan merupakan media menabung yang paling mudah untuk dilakukan oleh anak-anak usia dini.

Saat salah satu mahasiswa bertanya “Siapa yang sudah belajar menabung?” Beberapa siswa/i terlihat sudah mulai menerapkan menabung sejak dini. Dengan belajar menabung siswa/i diharapkan dapat menghargai dan menggunakan uang dengan tepat. Siswa/i sekolah dasar terlihat antusias mengenai materi yang disampaikan serta kegiatan-kegiatan yang dilakukan selama proses sosialisasi. Beberapa anak juga mendapat doorprize karena berhasil menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan oleh mahasiswa/i Unpam terkait materi yang telah disampaikan.

Acara ditutup dengan sesi foto dan pemberian hadiah atas partisipasi dan antusias yang sudah diberikan. Para mahasiswa/i berharap semoga ilmu yang disampaikan dapat bermanfaat bagi para siswa/i ke depannya, serta menerapkannya di dalam kehidupan mereka.

 

 

Go to top