Penyuluhan Optimalisasi Penggunaan Internet Pada Kalangan Pelajar

Penyuluhan Optimalisasi Penggunaan Internet Pada Kalangan Pelajar

Detakbanten.com, Tangsel - Semakin berkembangnya zaman, semakin meningkat pula perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan. Berdasarkan data yang diperoleh dari APJII, jumlah penduduk yang terkoneksi dengan internet pada tahun 2021-2022 adalah sekitar 210 juta dari 272.682.600 penduduk Indonesia. Penggunaan internet tersebut meningkat sejak masa pandemi.

Dalam kesempatan ini sejumlah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Program Studi S1 Akuntansi Universitas Pamulang mengadakan Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat (PMKM) guna memberikan penyuluhan mengenai optimalisasi penggunaan internet pada siswa/i SMP Islamiyah Serua. Kegiatan dimulai pada pukul 09.00-12.00 WIB, Kamis (03/11).

Penyuluhan Optimalisasi Penggunaan Internet Pada Kalangan Pelajar 2

Kegiatan PMKM dimulai dengan sambutan oleh Ketua Pelaksana, Dosen Pembimbing dari Universitas Pamulang, Kepala Sekolah SMP Islamiyah Serua, dan Ketua Yayasan Wiyata Mandala Muslimin. Juga mengadakan do’a bersama agar acara PKM berjalan dengan lancar. Setelah itu dilanjut pemaparan materi dari mahasiswa kepada para siswa/i SMP Islamiyah Serua

Manfaat utama yang didapatkan dari kegunaan Internet di bidang pendidikan adalah sebagai sarana mencari informasi. Terlebih lagi, informasi yang terdapat di Intenet lebih update dari buku maupun perpustakaan. Internet juga memiliki dampak positif seperti mendapatkan informasi terbaru, mencari meteri pembelajaran. Sedangkan dampak negatif yakni membuang waktu untuk main game online dan banyak lagi lainnya.

Penyuluhan Optimalisasi Penggunaan Internet Pada Kalangan Pelajar 1

Tips Penggunaan Internet Sehat dan Aman, antara lain :
1. Membuat kata sandi untuk keamanan
2. Mencari pertemanan online yang baik
3. Memilih data yang tepat agar terhindar dari virus yang masuk ke dalam data atau computer
4. Membuat batasan waktu saat menggunakan internet
5. Gunakan internet untuk hal yang positif

Jika tidak bijaksana dalam menggunakan internet, maka akan terjerumus oleh hal-hal yang negative, contohnya pengaksesan film porno, kejahatan sosial media, penipuan, dan lainnya.

Penyuluhan Optimalisasi Penggunaan Internet Pada Kalangan Pelajar 4

Sementara itu, Bapak Yulianto selaku dosen pembimbing, mengatakan bahwa kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan kewajiban rutin setiap semester yang harus dilaksanakan oleh mahasiswa/i sebagai wujud pelaksanaan kewajiban salah satu dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.

"Kegiatan PMKM ini kami inisiasi sebagai bentuk kontribusi nyata sebagai insan akademik terhadap persoalan di masyarakat, kami berharap kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan kepada remaja dan masyarakat tentang pentingnya mengoptimalkan penggunaan internet pada usia remaja," lanjutnya.

Muhammad Rafi Berkadio selaku Ketua PMK-M menghimbau siswa/i SMP Islamiyah Serua untuk dapat bijaksana dalam mengakses internet, seperti menambah pengetahuan, membantu setiap siswa untuk mendapatkan informasi atau referensi secara lebih efektif, dan sebagai media komunikasi.

Penulis : Muhammad Rafi Berkadio, Aldiansyah, Muzma Zalma Mahda, dan Hana Muyesca
Dosen Pembimbing : Bapak Yulianto S.E, M.M.
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Program Studi S1 Akuntansi Universitas Pamulang

 

 

Go to top