Cegah Kerumunan, DPMPD Minta Kampanye Pilkades Digelar Secara Daring

Cegah Kerumunan, DPMPD Minta Kampanye Pilkades Digelar Secara Daring

detakbanten.com TIGARAKSA -- Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Pemerintahan Desa ( DPMPD) Kabupaten Tangerang meminta agar panitia Pilkades menyelenggarakan kampanye secara daring dengan menggunakan aplikasi Zoom meeting, hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Pemerintahan Desa ( DPMPD) Dadan Gandana kepada wartawan, Selasa (25/05/2021).

Menurut Dadan, sesuai dengan Perbup tentang Pilkades, bahwa dimasa pandemi saat ini Pemerintah pusat dan Daerah mewanti - wanti agar masyarakat menghindari adanya kerumunan, apalagi Pilkades serentak yang akan digelar pada 4 Juli yang akan datang sangat rawan dengan terjadinya kerumunan.

" Kami berharap agar seluruh panitia mengikuti aturan yang sudah ditetapkan dalam perbup, untuk mencegah terjadinya penyebaran virus Covid 19, kami mengharapkan penggunaan aplikasi Zoom meeting sebagai media kampanye terbuka"terang Dadan.

Meskipun didalam perbup nomor 16 ayat pasal 75 ayat 1, sambung Dadan sudah diatur tentang kampanye terbuka didalam ruangan paling maksimal didalam ruangan 30 orang, dan menerapkan standar protokol kesehatan, namun diprediksikan para calon akan membawa massa pendukung diluar gedung, dan rawan terjadinya kerumunan, oleh sebab itu dirinya berharap agar pelaksanaan kampanye dilakukan dengan metode daring, dan pengumpulan massa ditiadakan.

" Dipasal 75 ayat 2, dijelaskan bahwa Panitia Pilkades mengupayakan penggunaan metode Kampanye Calon Kepala Desa dan/atau tim sukses Calon Kepala Desa sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan melalui Media Daring"terang Dadan.

 

 

Go to top