Tari Bentang Gemilang Sambut Delegasi PNLG

Tari Bentang Gemilang Sambut Delegasi PNLG

Detakbanten.com, TANGERANG -- Tari Bentang Gemilang menjadi tari penyambut peserta delegasi 9 negara dalam Gala Dinner PEMSEA Network of Local Governments (PNLG) Forum 2022 di Hotel Atria Gading Serpong, Rabu (26/10) malam. Tarian tradisional ini merupakan kesenian yang berasal dari Kabupaten Tangerang.

Para delegasi datang dari sejumlah negara, di antaranya, Malaysia, Kamboja, Korea Selatan, Filipina, Timor Leste, China, Jepang, Vietnam dan juga Indonesia.

Rima Rizkiani Putri selaku pimpinan Sanggar Sunda Rima Production mengatakan tarian tersebut merupakan tari kreasi baru yang menjadi identitas Kabupaten Tangerang.

“Tari ini terinspirasi dari kehidupan masyarakat Kabupaten Tangerang yang penuh warna, dengan banyaknya suku budaya bangsa terutama Sunda, Jawa, Betawi dan Tionghoa,” tuturnya.

Ia menuturkan tarian tersebut juga menyatukan unsur-unsur musik menjadi satu kemasan, sehingga tarian tradisional tersebut bisa dibilang menjadi miniatur Indonesia.

Tuturnya, tari Bentang Gemilang dalam tariannya juga menggunakan panah yang terinspirasi dari pahlawan Nyimas Melati yang berasal dari Kabupaten Tangerang.

“Kami terinspirasi dari tokoh Nyimas Melati, salah satu pahlawan Kabupaten Tangerang yang berjuang, jadi kami menggambarkannya lewat tarian,” terangnya

 

 

Go to top