Meningkatkan Pola Hidup Bersih dan Upaya Pengelolaan Sampah Dalam Menghasilkan Nilai Ekonomis

Meningkatkan Pola Hidup Bersih dan Upaya Pengelolaan Sampah Dalam Menghasilkan Nilai Ekonomis

Detakbanten.com, Pamulang – Sebagai bentuk kegiatan dalam menjalani program Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat (PMKM), mahasiswa/i Prodi Akuntansi S1 Program Sarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pamulang berkesempatan untuk melakukan kegiatan sosialisasi pola hidup sehat dan pengelolaan barang bekas. Minggu (05/06)

Kegiatan ini diikuti oleh anak-anak di Panti Asuhan Yatim & Dhuafa Al-Ikhwaniyah sebanyak 10 anak panti yang berumur kisaran 8-15 tahun, dan acara dimulai pada pukul 10.00 secara tatap muka dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Kerajinan tangan adalah suatu kegiatan seni yang memfokuskan pada keterampilan tangan individu dan kegunaan mengolah bahan baku yang sering dijumpai di lingkungan hingga menjadi benda yang bernilai pakai, estetis, bahkan bisa jadi nilai jual. Salah satu produk kerajinan yang dihasilkan dari sampah plastik yaitu tempat tisu.

Upaya Pengelolaan Sampah 1

Dalam menghasilkan produk kerajinan dengan kualitas yang baik, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan terutama dalam hal pemilihan bahan baku, pengolahan bahan baku, sampai tahap pembuatan. Dengan demikian anak-anak dapat mempraktekannya di rumah dari barang bekas yang sudah tidak terpakai lagi, Hal ini guna menambah kretifitas, mengisi waktu kosong anakm serta mengajarkan tidak semua barang bekas itu terbuang begitu saja tetapi memiliki nilai jual.

Adapun metode kegiatan PMKM ini adalah dengan cara memberikan pemaparan materi melalui slide presentasi kepada anak-anak panti asuhan Al-Ikwaniyah tentang kebersihan dan pengelolaan sampah untuk menghasilkan nilai jual. Bahan-bahan dan cara pembuatannya juga sangat mudah dilakukan, yakni :

Alat dan bahan
1. Kardus bekas
2. Sedotan
3. Lem tembak
4. Tisu

Cara pembuatannya
1. Kita bentuk kardus sesuai dengan ukuran tisu
2. Membuat hiasan dari sedotan, lipat sedotan membentuk bintang dan bunga
3. Kemudian tempel sedotan yg sudah dibentuk ke kardus menggunakan lem tembak

Upaya Pengelolaan Sampah 2

Dalam kegiatan ini, anak-anak di Panti Asuhan Yatim & Dhuafa Al-ikhwaniyah terlihat sangat antusias dan sangat menikmati hingga selesai. Tidak hanya itu, tim mahasiswa PMKM juga memberikan kuis berhadiah bagi anak-anak yang bisa menjawab pertanyaan yang sudah disiapkan.

“Dengan adanya kegiatan kerajinan tangan ini diharapkan para anak anak mendapatkan pemahaman yang lebih luas lagi mengenai barang-barang bekas yang bisa dimanfaatkan sebagai kerajinan tangan dan dapat mengembangkan kreativitas diri mereka sendiri.” Ungkap Indah salah satu tim PMKM.

Penulis : Indah Nofita Sari, Aji Maulana, Aisyah Nurul Suprianti, dan Egha Zanitha Mendy
Dosen Pembimbing : Bapak Fery Citra Febriyanto, S.E., M.M.
Prodi Akuntansi S1 Program Sarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pamulang

 

 

Go to top